Copyright © Healthy Life
Design by Dzignine
Senin, 28 Mei 2012

Vegetarian? Why Not!

Banyak penyakit muncul dari pola makan yang salah seperti diabetes,hipertensi, jantung koroner dan asam urat.
Oleh karena itu cobalah sesekali mencoba pola makan bervegetarian untuk setidaknya mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit tersebut.
Tetapi kendala dalam pola makan vegetarian adalah masih banyaknnya anggapan orang -orang tentang tidak terpenuhinya gizi karena hanya mengkonsumsi bahan non - hewani atau dengan kata lain sayur dan buah - buahan tidak cukup memenuhi kebutuhan tubuh kita. TIDAK! itu salah, anggapan bahwa bervegetarian tidak dapat memenuhi asupan gizi apalagi membentuk tubuh yang ideal sama sekali tidak benar. Itu semua tergantung bagaimana anda dalam memilih bahan - bahan vegetarian yang akan anda konsumsi, sebenarnya alam telah menyediakan banyak sekali variasi sumber energi,protein,vitamin,karbohidrat,dll walaupun hanya dalam lingkup nabati.

Berikut adalah daftar makanan Vegetarian yang dapat digunakan untuk subtitusi makanan anda agar dapat mengurangi resiko penyakit dan bahkan untuk pembentukan otot.


1. Jagung

Jagung merupakan sumber karbohidrat yang rendah kalori dibandingkan dengan nasi. Sumber karbohidrat bagi seorang Vegetarian tidak perlu subtitusi karena hampir semua sumber karbohidrat murni merupakan sumber nabati, namun pilihlah sumber karbohidrat dengan kadar kalori yang terendah. Selain jagung , Nasi merah/kentang/ubi juga bisa dijadikan pengganti


2. Telur
Telur merupakan sumber protein yang tertinggi dari golongan bahan makanan vegetarian (jika ingin protein yang lebih murni bisa mengkonsumsi putihnya saja). Telur bisa mensubtitusi ayam atau ikan yang merupakan sumber protein hewani




3.Susu Sapi
Susu Sapi murni mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk kecepatan penyerapan protein agar memperbaiki sel otot yang lebih rusak dengan kecepatan tinggi. Selain itu Susu sapi merupakan sumber utama kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi. Kesehatan tulang merupakan hal yang sangat penting karena tulang menyangga otot haruslah kuat agar otot juga bisa tumbuh dengan optimal.




4. Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan pengganti sumber protein hewani yang diandalkan juga karena secangkir susu kedelai mengandung kurang lebih 6 gram protein murni dan itu kandungan yang tergolong banyak untuk bahan makanan nabati. Susu kedelai bagus untuk pembentukan otot dan diminum setelah berlatih, perlu diingat susu kedelelai mengandung zat yang memicu produksi hormon estrogen (hormon wanita). Jadi bagi para wanita dianjurkan memilih susu kedelai dan bagi pria menggunakan susu sapi.



5. Olive Oil
Olive oil merupakan salah satu sumber lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan salah kaprah bahwa kita sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar minyak atau menggunakan minyak dalam pembuatannya. Karena minyak sebenarnya mengandung Omega3 yang baik untuk otak dan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk zat pembakaran. Tetapi kita juga harus pintar - pintar dalam memilih produk minyak, dalam hal ini Olive Oil merupakan pilihan terbaik minyak nabati untuk dikonsumsi.





6. Jamur Kancing Putih
Jamur kancing putih berguna untuk memperkuat sel darah putih yang bisa menambah sistem imunitas tubuh. Selain itu tiap 100 gram jamur ini mengandung 19%-35% dengan 9 macam asam amino dan 72% lemak tak jenuh. Dan hebatnya lagi jamur ini merupakan hasil pertanian organik tanpa kandungan kolesterol sama sekali. Sangat cocok sekali bagi anda yang bergaya hidup sehat.




Nah ke -6 bahan makanan tersebut hanyalah sedikit contoh bahan makanan vegetarian yang bisa mensubtitusi pola makan biasa anda. Cobalah mulai mengkonsumsi sedikit demi sedikit dan biasakanlah, setidaknya cobalah mulai dengan semi -vegetarian.

Selamat Mencoba dan Berusaha !!










0 komentar:

Posting Komentar