Copyright © Healthy Life
Design by Dzignine
Sabtu, 26 Mei 2012

Otot Belakang juga penting!

Latihan Otot Punggung
Otot punggung terdiri dari beberapa bagian yaitu dari otot punggung bagian atas (otot sayap dan otot punggung bagian tengah) dan otot punggung bagian bawah. Otot punggung sebaiknya dilatih secara seimbang dari berbagai sudut yang berbeda agar perkembangannya merata yaitu otot sayap yang lebar dan tebal, otot punggung bagian bawah yang terdefinisi dengan baik (kering), serta otot punggung bagian tengah yang tebal. Stretching dan mengencangkan otot di antara set pada saat berlatih sangat efektif bagi perkembagan otot punggung. Berikut ini latihan otot punggung:

1. Wide grip chins behind the neck (Pull up dengan posisi kepala membeakangi bar)
Latihan bagi otot punggung bagian atas dan otot sayap
  • Peganglah chinning bar dengan telapak tangan menghadap keluar dengan pegangan lebar.
  • Bergantunglah pada bar, kemudian angkat tubuh anda sampai tengkuk kita hampir atau menyentuh bar.
  • Tahan sebentar pada posisi ini, kemudian perlahan-lahan kembali ke posisi semula.
  • Lakukan gerakan perlahan-lahan dan terkontrol. Jangan mengayunkan kaki sehingga mengurangi keefektifan latihan ini. 











2. Wide grip chins to the front
Jenis latihan ini merupakan variasi dari latihan wide grip chins behind the neck. Bedanya adalah pada saat    mengangkat badan keatas, otot dada bagian ataslah yang menyentuh bar bukan tengkuk.











Tips Blogger :
 Biasanya tidak semua orang yang baru mengikuti program latihan fitness mampu melakukan gerakan mengangkat tubuh seperti di gambar. Walaupun bisa tetapi gerakan dan posisi tubuh bisa saja salah, oleh karena itu lakukan alternatif lain dengan melatih otot yang sama agar nantinya mampu melakukan gerakan ini dengan benar.



  Ini adalah salah satu variasi alternatif latihan melatih otot punggung secara merata, dengan latihan ini beban bisa disesuaikan menurut kapasitas seseorang. Bagi yang belum bisa mengangkat tubuhnya beban bisa diatur < dari beban tubuh. Dan yang merasa terlalu ringan mengangkat beban tubuhnya, beban bisa diatur > dari beban tubuh.



0 komentar:

Posting Komentar