Copyright © Healthy Life
Design by Dzignine
Sabtu, 26 Mei 2012

Makanan sehat pendukung terbentuknya otot

                                    Pisang

Pisang seperti obat tidur alami. Selain mengandung melatonin dan serotonin (hormon yang memicu anda untuk tertidur) dalam jumlah kecil, pisang juga mengandung magnesium, bahan yang dapat merangsang relaksasi otot




Roti Gandum (Whole Wheat Bread)
Roti gandum merupakan salah satu varian roti yang sangat rendah lemak dibandingkan roti yang lainnya. Selain itu Roti gandum merupakan sumber energi yang lebih baik dibandingkan nasi atau mie yang lebih sering kita konsumsi. Ditambah kandungan serat yang lebih baik sehingga mampu menahan rasa lapar lebih lama. Itu mengapa roti gandum banyak dijadikan sumber pengganti energi utama bagi orang yang ber diet.





Susu Hangat
Segelas susu hangat bisa membantu kita terlelap juga setelah latihan yang intensif, oleh karena itu lebih baik disajikan dalam keadaan hangat dan diminum sebelum tidur untuk kualitas tidur lebih maksimal. Terlepas dari  khasiat membantu tidur susu juga mengandung tryptophan, yaitu asam amino  yang mempunyai efek sedatif dan kalsium yang membantu otak untuk menggunakan tryptophan.




Selai Kacang
Nah, ini adalah salah satu makanan pendukung si Roti gandum anda dapat menambahkan selai kacang pada roti gandum anda (tips). Tapi selai kacang disini punya fungsi sendiri bukan hanya sebagai pelengkap. Selai kacang memiliki lemak terkandung di dalamnya tergolong lemak tak jenuh yang menurut penelitian baik untuk jantung, Tapi untuk mencegah kalori berlebih batasi konsumsi selai kacang hanya 4 - 6 sendok teh sehari. Roti berselai kacang juga memberi rasa puas cukup lama sehingga otomatis mengurangi keinginan ngemil.




Dada ayam
100 gram dada ayam tanpa kulit dan tulang mengandung kurang lebih 29 gram protein yang berguna untuk membantu pemulihan dan perkembangan otot setelah latihan




Ikan Tuna
Kalium dan lemak esensial yang terkandung pada ikan tuna membantu dalam mengontrol tekanan darah. Asam lemak Omega-3 dalam ikan tuna juga dapat membantu mencegah rematik. Sedangkan kandungan selenium pada ikan tuna bermanfaat untuk membantu proses pembuangan racun dalam tubuh, khususnya di hati (liver). Makanan laut sering kali kaya protein tetapi tidak semua sehat untuk dikonsumsi,namun jangan cemas ikan tuna merupakan pilihan makanan laut yang enak sekaligus sehat dengan kadar kolesterol yang rendah.




Nasi merah
Nasi merah kaya akan serat yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan dan cocok dikonsumsi setelah latihan sebagai sumber energi. Nasi merah tidak menyebabkan meningkatnya kadar gula darah, sehingga dapat mengurangi risiko diabetes.



Salmon
Salmon kaya akan protein dan asam lemak Omega-3. Protein yang terdapat pada salmon sangat baik untuk pertumbuhan otot.  Sedangkan asam lemak Omega-3 berperan mengurangi kerusakan otot setelah Anda berlatih. Namun jenis ikan ini cenderung mahal jadi bagi yang kekurangan budget bisa lebih memilih tuna.


Bayam
Ini dia menu yang terakhir (sayuran hijau), dan disini saya memilih bayam. Seringkali orang beranggapan bahwa makan sayuran tidak mendukung pembentukan otot namun itu pandangan yang salah. Biar bagaimanapun sayuran memiliki peran sendiri dalam membantu metabolisme tubuh agar tetap seimbang dan otomatis akan berpengaruh dalam pembentukan otot juga. Bayam kaya akan zat besi, yakni mineral penting untuk pembentukan otot. Zat besi merupakan komponen penting penyusun hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh sel tubuh.


Nah sudahkah anda mengkonsumsi makanan - makanan diatas? Jika belum cobalah mengkonsumsinya dan rasakan perbedaannya dan tentu saja diiringi dengan latihan yang intensif. Dijamin tubuh anda sehat sekaligus mendapatkan postur yang ideal.











1 komentar: